Buku Evaluasi Berorientasi Hots Tahun 2018

Buku Penilaian Berorientasi HOTS Tahun 2018 - Halo teman websiteedukasi.com, pada postingan ini saya akan mengembangkan Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) yang tentunya sanggup anda unduh secara gratis.

Dirjen GTK telah menerbitkan Buku Penilaian Berorientasi HOTS Tahun 2018, adapun kutipannya sebagai berikut; Peran guru profesional dalam pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan mencar ilmu penerima didik dan mengahsilkan lulusan yang berkualitas. Guru profesional ialah guru yang kompeten dalam membangun dan mengembangkan proses pembelajaran yang baik dan efektif sehingga sanggup menghasilkan penerima didik yang arif dan pendidikan yang berkualitas. Hal tersebut mengakibatkan kualitas pembelajaran sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah sentra maupun pemerintah tempat dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama menyangkut kualitas lulusan penerima didik.

Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) ialah merupakan agenda yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018 telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).


Peningkatan kualitas penerima didik salah satunya dilakukan melalui peningkatan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Kualitas pembelajaran juga perlu diukur dengan evaluasi yang berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS). Sejalan dengan hal tersebut, maka diharapkan sebuah buku pegangan guru yang memperlihatkan keterampilan evaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas evaluasi yang pada alhasil akan meningkatkan kualitas lulusan penerima didik.

Dengan adanya Buku Pegangan Penilaian Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi ini diharapkan sanggup menjembatani pemahaman para guru dalam hal evaluasi pembelajaran lebih baik lagi sehingga mereka sanggup meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia.

Buku pegangan Penilaian Berorientasi HOTS 2018 ini dikembangkan dengan tujuan sebagai berikut:
  1. Memberikan pola kepada guru dalam mengembangkan evaluasi berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
  2. Memberikan pola kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik terhadap guru dalam melakukan evaluasi berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
  3. Memberikan pola pada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial terhadap pelaksanaan evaluasi berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di satuan pendidikan.

Sasaran penggunaan buku Penilaian Berorientasi HOTS 2018 ialah sebagai berikut:
  1. Guru Jenjang SD (SD), SMP (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mata pelajaran adaptif dan normatif.
  2. Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Produktif, Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) serta Pendidikan Luar Biasa (PLB).
  3. Kepala Sekolah /Madrasah.
  4. Pengawas Sekolah /Madrasah.

Selengkapnya, bagi bapak/ ibu guru yang belum mempunyai Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi sanggup mengunduhnya melalui tauatn link yang saya sematkan di bawah ini;

Buku Penilaian Berorientasi HOTS 2018.pdf, Unduh

Demikian Buku Pegangan Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) Tahun 2018 yang sanggup saya bagikan, biar bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Buku Evaluasi Berorientasi Hots Tahun 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel