Panduan Pembelajaran Berorientasi Hots Tahun 2018

Panduan Pembelajaran Berorientasi HOTS Tahun 2018 - Halo teman websiteedukasi.com, pada postingan ini saya akan Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi HOTS Tahun 2018 pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi untuk Program peningkatan kompetensi pembelajaran berbasis zonasi yang tentunya bisa anda unduh secara gratis.

Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) ialah merupakan kegiatan yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program tersebut dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018 telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).

Peningkatan kualitas penerima didik salah satunya dilakukan oleh guru yang berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran di kelas dengan berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Desain peningkatan kualitas pembelajaran tersebut merupakan upaya peningkatan kulaitas penerima didik yang pada akibatnya meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, maka dibutuhkan sebuah buku pegangan guru yang menawarkan keterampilan menyebarkan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang pada akibatnya akan meningkatkan kualitas lulusan penerima didik.


Nah, dengan adanya Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi ini diharapkan sanggup menjembatani pemahaman para guru dalam hal perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran lebih baik lagi sehingga mereka sanggup meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia.

Buku Panduan Pembelajaran Berorientasi HOTS 2018 yang menjadi pegangan dalam menyebarkan pembelajaran berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi, dikembangkan dengan tujuan sebagai berikut;
  1. Memberikan contoh kepada guru dalam menyebarkan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
  2. Memberikan contoh kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik;
  3. Memberikan contoh kepada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial.

Sasaran penggunaan buku tersebut ialah sebagai berikut:
  1. Guru Jenjang SD (SD), SMP (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mata pelajaran adaptif dan normatif.
  2. Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Produktif, Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) serta Pendidikan Luar Biasa (PLB).
  3. Kepala Sekolah /Madrasah sebagai bab Supervisi Akademik
  4. Pengawas Sekolah /Madrasah sebagai bab supervisi akademik dan manajerial

Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dalam bahasa umum dikenal sebagai Higher Order Thinking Skill (HOTS) dipicu oleh 4 (empat) kondisi;

  • Sebuah situasi berguru tertentu yang memerlukan seni administrasi pembelajaran yang spesifik dan tidak sanggup dipakai di situasi berguru lainnya.
  • Kecerdasan yang tidak lagi dipandang sebagai kemampuan yang tidak sanggup diubah, melainkan kesatuan pengetahuan yang dipengaruhi oleh banyak sekali faktor yang terdiri dari lingkungan belajar, seni administrasi dan kesadaran dalam belajar.
  • Pemahaman pandangan yang telah bergeser dari unidimensi, linier, hirarki atau spiral menuju pemahaman pandangan ke multidimensi dan interaktif.
  • Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang lebih spesifik menyerupai penalaran, kemampuan analisis, pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis dan kreatif.

Selengkapnya, bagi bapak/ ibu dewan guru yang belum mamiliki Buku Panduan Pembelajaran Berorientasi HOTS Tahun 2018 bisa mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan dibawah ini;

Panduan Pembelajaran Berorientasi HOTS 2018.pdf, Unduh

Demikian Panduan Pembelajaran Berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) Tahun 2018 yang sanggup saya bagikan, smeoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Panduan Pembelajaran Berorientasi Hots Tahun 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel