Buku Literasi Digital (Materi Pendukung Gln)

Buku Literasi Digital (Materi Pendukung GLN) - Halo sahabat websiteedukasi.com, pada postingan ini saya akan berbagi Buku Literasi Digital / Materi Pendukung Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang tentunya bisa anda unduh secara gratis.

Bangsa Indonesia merupakan yang besar, oleh alasannya ialah itu harus bisa mengembangkan budaya literasi sebagai prasyarat kecakapan hidup kurun ke-21 melalui pendidikan yang terintegrasi, mulai dari keluarga, sekolah, hingga dengan masyarakat. Penguasaan enam literasi dasar yang disepakati oleh World Economic Forum pada tahun 2015 menjadi sangat penting tidak hanya bagi akseptor didik, tetapi juga bagi orang renta dan seluruh warga masyarakat. 6 (Enam) literasi dasar tersebut meliputi literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya dan kewargaan.

Pengembangan budaya literasi bangsa ialah melalui penyediaan materi bacaan dan peningkatan minat baca anak khusunya di tahun pelajaran 2018/2019. Sebagai bab penting dari penumbuhan kebijaksanaan pekerti, minat baca anak perlu dipupuk semenjak usia dini mulai dari lingkungan keluarga. Minat baca yang tinggi, didukung dengan ketersediaan materi bacaan yang bermutu dan terjangkau, akan mendorong adaptasi membaca dan menulis, baik di sekolah maupun di masyarakat. Dengan kemampuan membaca ini pula literasi dasar berikutnya (numerasi, sains, digital, finansial, serta budaya dan kewargaan) sanggup ditumbuhkembangkan.


Untuk membangun budaya literasi pada seluruh ranah pendidikan (keluarga, sekolah, dan masyarakat), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggiatkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) sebagai bab dari implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan perihal Penumbuhan Budi Pekerti. GLN tidak didominasi oleh jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tetapi digiatkan pula oleh para pemangku kepentingan, menyerupai pegiat literasi, akademisi, organisasi profesi, dunia usaha, dan kementerian/ forum lain.

GLN diperlukan menjadi pendukung keluarga, sekolah, dan masyarakat mulai dari perkotaan hingga ke wilayah terjauh untuk berperan aktif dalam menumbuhkan budaya literasi. Untuk mendukung GLN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Materi Pendukung Gerakan Literasi Nasional sebagai acuan untuk mewujudkan ekosistem yang kaya literasi di seluruh wilayah Indonesia.

Penghargaan yang tinggi saya sampaikan kepada tim GLN dan semua pihak yang terlibat dalam penyusunan buku ini. Semoga buku ini tidak hanya bermanfaat bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) selaku penggagas dan pelakunya, tetapi juga bagi masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan dalam upaya membangun budaya literasi.

Selengkapnya, bagi anda yang belum mempunyai Buku Literasi Digital / Materi Pendukung Gerakan Literasi Nasional (GLN) bisa mengundunya melalui tautan link yang saya sematkan dibawah ini:

Buku Literasi Digital (Materi Pendukung GLN).pdf, Unduh

Demikian Buku Literasi Digital (Materi Pendukung Gerakan Literasi Nasional) yang sanggup saya bagikan, biar bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Buku Literasi Digital (Materi Pendukung Gln)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel