Aplikasi Dapodik 2019.B Dan Panduannya

Aplikasi Dapodik 2019.b dan Panduannya - Halo teman websiteedukasi.com, sudah update aplikasi dapodik ke versi terbaru? Saat ini telah Rilis Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.b tertanggal 30 Oktober 2018. Aplikasi Dapodikdasmen Versi terbaru 2019.b ini di dukung dengan database versi terbaru dan beberapa pembeharuan serta sanggup di operasikan untuk Windows XP / Vista / 7 / 8 / 10.

Dirjen Dikdasmen merilis Aplikasi Dapodikdasmen 2019.b ini ditujukan untuk seluruh Kepala Dinas Provinsi, Kepala Dinas Kabupaten / Kota Kepala LPMP, Kepala SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB di seluruh Indonesia.

Bersama rilisnya Aplikasi Dapodik Versi 2019b ini terdapat perubahan yang cukup signifikan dengan penggunaan database versi baru, pembaruan beberapa fitur dan juga penambahan fitur baru, validasi data, serta perbaikan beberapa bug versi sebelumnya. Pembenahan-pembenahan tersebut sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas data Dapodik dan juga upaya untuk melaksanakan sinkronisasi terhadap aturan/regulasi yang berlaku, serta menyelaraskan terhadap mekanisme dan mekanisme pemanfaatan data Dapodik untuk banyak sekali transaksi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Aplikasi Dapodik terbaru 2019.a telah memakai database versi baru, maka secara teknis Aplikasi Dapodikdasmen versi sebelumnya (2017, 2017a, 2017b, 2017c, 2018a, 2018.b patch 1 dan patch 2) dinyatakan tidak berlaku dan tidak sanggup dipakai lagi dan tidak sanggup eksklusif di upgrade ke Dapodikdasmen versi 2019, akan tetapi harus melaksanakan install ulang. Oleh akhirnya Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 hanya dirilis dalam bentuk INSTALLER (tidak ada versi UPDATER) dan untuk dapodik 2019.b dilakukan dengan versi UPDATE.

Saat ini Admin Dapodikdasmen sentra telah merilis fitur perbaikan pada aplikasi dapodikdasmen versi 2019.b , Adapun pembaruan dan perbaikan ialah sebagai berikut:

Adapun daftar pembaruan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.b ialah sebagai berikut:
  • [Perbaikan] SMAK, SMTK dan Pasraman sanggup menentukan Program Kurikulum K13
  • [Perbaikan] Pemberlakuan Permedikbud No 15 Tahun 2018 terkait Pemenuhan kiprah pelengkap khususnya untul wali kelas dan pembina ekskul
  • [Perbaikan] Pembukaan penugasan GTK selain sekolah reguler Kemdikbud
  • [Perbaikan] Perubahan pembukaan validasi rasio rombel terhadap siswa untuk jenis rombel Kelas Jauh/Kecil, Kelas Terbuka dan rombel SKS
  • [Perbaikan] Perubahan validasi untuk perhitungan rasio rombel terhadap siswa tidak berlaku untuk jenjang SLB
  • [Perbaikan] Perubahan validasi untuk siswa dibawah 5,6 tahun menjadi warning, namun semester depan akan di invalidkan
  • [Perbaikan] Pembukaan kuncian isian nama ibu kandung pada penerima didik kalau terdeteksi nama ibu kandung tidak wajar
  • [Perbaikan] Perbaikan isian No. Kitas untuk warga negara asing
  • [Perbaikan] Perbaikan bugs pada rekap penerima didik di dashboard
  • [Perbaikan] Perbaikan bugs pada pembelajaran utk sekolah Non Kemdikbud dan SPK
  • [Perbaikan] Perubahan API maps
  • [Perbaikan] Perbaikan pada security aplikasi

Proses tarik dan tambah data penerima didik sanggup dilakukan pada laman yang baru, yaitu laman Kelola Data Sekolah. Laman Kelola Data Sekolah sanggup diakses pada alamat berikut (Buku Panduan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.

Perlu dikethui bersama, Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.b tersebut ditujukan bagi sekolah yang mempunyai hambatan memakai Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019. Proses installasi hanya melalui Pembaruan Online pada Aplikasi Dapodik. Sekolah yang tidak memilliki hambatan saat memakai Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 sanggup tetap melanjutkan memakai versi tersebut. Namun bagi yang tidak ada hambatan dan hendak melaksanakan pembaruan ke Versi 2019.b DISARANKAN TELAH MELAKUKAN SINKRONISASI TERLEBIH DAHULU sebelum melaksanakan pembaruan online.

Langkah-langkah untuk melaksanakan pembaruan secara online dapodik 2019.b sebagai berikut:
  1. Pastikan komputer terkoneksi internet.
  2. Silahkan login pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019/ Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.a
  3. Masuk pada hidangan Pengaturan, Cek Pembaruan Aplikasi, klik pada tombol “Cek Pembaruan”.
  4. Maka ditampilkan keterangan bahwa Pembaruan Tersedia. Pembaruan Tersedia (Dapodik 2019.b) Apakah Anda ingin melanjutkan? Pastikan tidak menutup jendela browser sebelum proses pembaruan selesai!
  5. Klik tombol “Lanjutkan”, maka sistem akan melaksanakan update pembaruan.
  6. Setelah proses selesai, klik tombol “Muat ulang halaman sekarang”.
  7. Jika diperlukan, lakukan refresh (Ctrl + F5).

Disarankan kepada seluruh Bapak/Ibu Operator Sekolah untuk segera melaksanakan upgrade ke Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.b dan melaksanakan pemutakhiran data Semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019. Seperti dijelaskan diatas, untuk update dari dapodik 2019 ke dapodik 2019.b cukup dilakukan update di dalam aplikasi dapodik tidak perlu download aplikasi dapodik 2019 lagi.

Unduh aplikasi dapodik 2019 dilaman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan atau tautan link saya saya sematkan di bawah ini;

Aplikasi Dapodikasmen 2019, Unduh
Link alternatif 1 Aplikasi Dapodikasmen 2019, Unduh
Link alternatif 2 Aplikasi Dapodikasmen 2019, Unduh
Link alternatif 3 Aplikasi Dapodikasmen 2019, Unduh
Link alternatif 4 Aplikasi Dapodikasmen 2019, Unduh
Link alternatif 5 Aplikasi Dapodikasmen 2019, Unduh
Link alternatif 6 Aplikasi Dapodikasmen 2019, Unduh
Panduan Aplikasi Dapodik 2019.pdf, Unduh

Demikian Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.b Tahun Ajaran 2018/2019 yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Dapodik 2019.B Dan Panduannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel