Download Modul Penyusunan Soal Hots

Download Modul Penyusunan Soal HOTS - Halo teman websiteedukasi.com, pada postingan ini aku akan berbagi Download Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Tahun 2017 yang bisa anda unduh secara gratis.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun pelajaran 2013/2014 telah menetapkan kebijakan implementasi Kurikulum 2013, kurikulum 2013 diterapkan secara sedikit demi sedikit di satuan pendidikan mulai semester genap tahun pelajaran 2014/2015 hingga dengan tahun pelajaran 2018/2019. Melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Pendismen) memprogramkan aktivitas training dan pendampingan bagi Guru dari sekolah yang akan melaksanakan Kurikulum 2013 dan salah satunya melaksanakan training melalui Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Modul Penyusunan Soal (HOST) Higher Order Thinking Skills (HOTS) ini terdiri atas 3 (tiga) bahan pokok yang disusun sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan guru dalam penyusunan soal-soal HOTS. Penyajian bahan pada modul ini diawali dengan pemaparan fokus dan uraian bahan pada masing-masing bahan pokok. Sedangkan pada bab simpulan modul dilengkapi dengan penugasan dan refleksi. Materi-materi pokok dalam modul HOST yaitu sebagai berikut :
1. Materi Pokok 1: Pengertian dan Konsep Soal HOTS
2. Materi Pokok 2: Peran Soal HOTS dalam Penilaian
3. Materi Pokok 3: Strategi dan Implementasi Penyusunan Soal HOTS


Modul penyusunan soal HOTS ini untuk evaluasi yang disusun dengan tujuan sebagai berikut;
  1. Memberikan pemahaman kepada guru Sekolah Menengan Atas perihal konsep penyusunan soal HOTS
  2. Mengembangkan keterampilan guru Sekolah Menengan Atas untuk menyusun butir soal HOTS;
  3. Memberikan pedoman bagi pengambil kebijakan baik di tingkat sentra dan tempat untuk melaksanakan pembinaan dan sosialisasi perihal penyusunan soal HOTS.
Soal-soal HOTS yaitu merupakan instrumen pengukuran yang dipakai untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, yaitu kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melaksanakan pengolahan (recite). Soal-soal HOTS pada konteks asesmen mengukur kemampuan: 1) transfer satu konsep ke konsep lainnya, 2) memproses dan menerapkan informasi, 3) mencari kaitan dari aneka macam informasi yang berbeda-beda, 4) memakai informasi untuk menuntaskan masalah, dan 5) menelaah wangsit dan informasi secara kritis. Meskipun demikian, soal-soal yang berbasis HOTS tidak berarti soal yang lebih sulit daripada soal recall.

Selengkapnya, bagi anda yang belum mempunyai Modul Penyusunan Soal HOTS 2017 untuk tahun pelajaran 2018/2019 bisa mengundunya melalui tautan link yang aku sematkan di bawah ini;

Modul Penyusunan Soal HOTS 2017.pdf, Unduh

Demikian Modul Penyusunan Soal HOST (Higher Order Thinking Skills) Tahun 2017 yang sanggup aku bagikan, agar bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Download Modul Penyusunan Soal Hots"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel