Modul Penilaian Pendidikan (Diklat Calon Pengawas Sekolah)

Modul Evaluasi Pendidikan (Diklat  Calon Pengawas Sekolah) - Halo sahabat websiteedukasi.com, pada postingan ini saya akan berbagi Modul Evaluasi Pendidikan (Diklat Calon Pengawas dan Penguatan Kompetensi Pengawas Sekolah tahun 2018) yang tentunya bisa anda unduh secara gratis.

Penguasaan dimensi kompetensi penilaian pendidikan pengawas sekolah/madrasah mempunyai kiprah yang sangat strategis dalam menyukseskan terwujudnya pengelolaan pembelajaran yang berkualitas di sekolah juga dalam menilai kinerja kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan kiprah pokok dan tanggung jawabnya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran dimulai dengan kemampuan memilih kriteria dan indikator keberhasilan pembelajaran dan pendidikan dalam bentuk kisi-kisi instrumen hingga dengan pengembangan instrumen serta penggunaan instrumen tersebut dalam rangka menyukseskan kiprah pokoknya.

Penilaian kinerja kepala sekolah dan guru yaitu merupakan suatu sistem yang dirancang untuk mengidentifikasi kinerja dalam melaksanakan tugasnya melalui pengukuran penguasaan kompetensi yang ditunjukkan dalam unjuk kerjanya. Hasil penilaian kinerja kepala sekolah dan guru dibutuhkan dapatbermanfaat untuk memilih banyak sekali kebijakan operasional yang terkait dengan peningkatan mutu sekolah.


Dalam melaksanakan penilaian kinerja guru, pengawas sekolah berkewajiban (1) membimbing kepala sekolah binaannya dan guru senior dalam melaksanakan penilaian kinerja guru di sekolahnya; (2) melaksanakan verifikasi, validisasi, dan rekapitulasi hasil penilaian kinerja guru yang dilakukan oleh kepala sekolah atau guru senior tersebut; dan (3) melaksanakan penilaian kinerja kepala sekolah dan kinerja guru yang menempel pada kiprah dan jabatan kepala sekolah, (4) memanfaatkan hasil penilaian kinerja dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan. Oleh sebab itu pengawas sekolah perlu meningkatkan kompetensinya dalam melaksanakan seluruh dimensi kompetensi penilaian pendidikan.

Materi yang dipelajari dalam modul Evaluasi Pendidikan ini terdiri dari 4 (empat) acara belajar, yaitu:

  • Kegiatan Belajar-1: Kisi – Kisi dan Pengembangan Instrumen Evaluasi Pendidikan dan Pemanfaatannya
  • Kegiatan Belajar-2: Pemantauan Pelaksanaan Pembelajaran dan Hasil Belajar Peserta Didik
  • Kegiatan Belajar-3: Pembinaan Guru dalam Pemanfaatan Hasil Penilaian
  • Kegiatan Belajar-4: Penilaian Kinerja Guru, Kepala Sekolah (komponen pembelajaran dan komponen pengelolaan sekolah).
Selengkapnya, bagi bapak/ ibu yang belum mempunyai Modul Pengelolaan Evaluasi Pendidikan Tahun 2018 bisa mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini;

Modul Evaluasi Pendidikan 2018.pdf, Unduh

Demikian Modul Evaluasi Pendidikan (Diklat Calon Pengawas dan Penguatan Kompetensi Pengawas Sekolah) yang dapay saya bagikan, biar bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Modul Penilaian Pendidikan (Diklat Calon Pengawas Sekolah)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel